Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli

Pixhell – Untuk pembahasan kali ini, kita akan melihat analisis sistem, yang dalam hal ini meliputi pemahaman oleh pakar, peran, tujuan, tugas, langkah, alat, dan pelaporan. Untuk lebih memahami dan memahami lihat ikhtisar lengkap di bawah ini.

 

Definisi analisis sistem

Analisis sistem merupakan fase meneliti sistem yang sedang berjalan dan bertujuan untuk mengetahui semua permasalahan yang muncul dan memudahkan implementasi pada fase selanjutnya yaitu fase perancangan sistem.

 

Memahami analisis sistem menurut pendapat pakar

Pentingnya analisis sistem menurut para ahli, antara lain:

 

Menurut McLeod “2007, hlm. 74”

Analisis sistem adalah studi tentang sistem yang ada dengan tujuan merancang sistem baru atau memperbarui sistem yang ada.

 

Menurut Al Fatta, “2007:4”

Analisis sistem adalah teknik pemecahan masalah yang menggambarkan bagian-bagian dengan memeriksa seberapa baik mereka berfungsi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka.

 

Menurut Jimmy L. Target “2008:73”

Analisis sistem adalah pembongkaran sistem informasi yang lengkap menjadi bagian-bagian komponennya dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi masalah, peluang untuk hambatan yang dihadapi dan kebutuhan yang diantisipasi sehingga dapat diusulkan perbaikan.

 

Menurut Satzinger, J.W., Jackson, R.B., & Burd, S.D. “2010, hal 4”

Analisis sistem adalah proses memahami dan menentukan secara rinci apa yang harus dilakukan sistem informasi.

 

Baca juga praktikum kacang hijau

Menurut Kenneth & Jane “2006:G12”

Analisis sistem adalah kegiatan menganalisis masalah perusahaan dan memecahkan masalah ini dengan bantuan sistem informasi.

 

Menurut O’Brien dan Maraka “2009:639”

Dengan demikian, analisis sistem adalah kegiatan menganalisis komponen dan persyaratan sistem secara rinci.

 

Menurut Bentley dan Whitten “2009:160”

Analisis sistem adalah suatu metode untuk menemukan solusi dari masalah sistem yang ada dengan mengelompokkan komponen yang ada ke dalam komponen yang lebih kecil sehingga solusi yang ditemukan memenuhi kebutuhan sistem.

 

Menurut Tangga dan Reynolds “2010”

Analisis sistem adalah sistem yang menentukan apa yang harus dilakukan sistem informasi untuk memecahkan masalah yang ada dengan memeriksa sistem dan proses kerja untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan area untuk perbaikan.

 

Menurut Laudon dan Laudon “2010”

Analisis sistem terdiri dari mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi penyebab, menentukan solusi, dan mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan oleh sistem.

 

Menurut Mulyanto dkk. “2008”

Analisis sistem adalah teknik pemecahan masalah yang menggambarkan sistem dalam hal komponen-komponennya dengan tujuan memeriksa seberapa baik komponen-komponen ini berfungsi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diberikan.

 

Alat Analisis Sistem

Alat bantu analisis dan perancangan Dalam pendekatan sistem, penulis menggunakan alat bantu dalam metode analisis dan perancangan terstruktur yang memerlukan gambaran umum dari keseluruhan sistem, menggunakan alat bantu seperti flow map dan data flow diagram (DFD), penggunaan ERD (Entity Relationship Diagram ), proses normalisasi, dan alat pendekatan sistem lainnya.

 

Beberapa alat tersebut dijelaskan di bawah ini:

 

kartu kinerja

Flowchart Flowchart menunjukkan alur kerja secara keseluruhan dari sistem, termasuk alur laporan dan formulir beserta salinannya.

 

Bagan alir ini terutama digunakan sebagai alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Bagan alir ini menggambarkan urutan prosedur yang ada pada sistem. Diagram alir sistem menunjukkan apa yang sedang dilakukan dalam sistem.

 

diagram konteks

Diagram konteks adalah alat untuk analisis struktural. Pendekatan terstruktur ini mencoba menggambarkan sistem secara garis besar atau sederhana. Diagram konteks adalah kasus khusus dari diagram aliran data yang berfungsi untuk menggambarkan model lingkungan yang representatif dengan satu lingkungan yang mewakili keseluruhan sistem.

 

diagram aliran data

Data Flow Diagram (DFD) adalah teknik grafis yang menggambarkan aliran informasi dan transformasi yang diterapkan saat data bergerak dari input ke output. DFD adalah diagram dengan notasi yang digunakan untuk menggambarkan aliran data. DFD menggambarkan aliran informasi tanpa representasi logika prosedural eksplisit di mana data mengalir atau disimpan.

 

kamus data

Kamus Data (KD) atau Data Dictionary atau disebut juga System Data Dictionary adalah daftar istilah yang berisi fakta-fakta tentang data dan kebutuhan informasi suatu sistem informasi. Penggunaan kamus data memungkinkan analis sistem untuk sepenuhnya mendefinisikan data yang mengalir dalam sistem, kamus data dibuat dalam fase analisis sistem dan digunakan dalam fase analisis dan fase desain sistem.