Cara Memanfaatkan Fitur Live Streaming untuk Jualan

Keunggulan IDN App Sebagai Aplikasi Penghasil Uang - Bali Ekbis

Fitur live streaming akhir-akhir ini sedang trend di kalangan para pemilik toko online. Mereka memanfaatkan fitur ini untuk membantu promosi jualan mereka. Nah, bagi Anda yang juga tertarik untuk mencoba memanfaatkan fitur live streaming untuk jualan, maka simak terus artikel ini karena kita akan membahas apa itu live streaming, bagaimana cara memanfaatkannya untuk jualan dan platform apa saja yang terbaik untuk live streaming.

  • Pengertian Live Streaming?

Live streaming adalah konten berupa video yang disiarkan dan dilakukan secara langsung saat itu juga atau realtime. Dengan begitu Anda tidak perlu melakukan proses editing dan post-production, lebih simple kan? Live streaming memiliki sifat dua arah sehingga sangat berguna karena bisa langsung berinteraksi. Tidak hanya Anda yang bisa berinteraksi dengan audiens, namun juga sebaliknya.

Para Audiens Anda juga dapat langsung berinteraksi seperti meninggalkan komentar dan memberi reaction selama live berlangsung. Menariknya lagi, waktu yang diberikan pun tidak terbatas sehingga tentunya Anda bisa melakukan live streaming berapapun lamanya. Dan Anda juga bisa menyimpan hasil video live ini sehingga apabila ada audiens yang ketinggalan masih bisa menonton juga.

Cara Mudah Memanfaatkan Fitur Live Streaming untuk Jualan

Tentunya untuk berjualan via live streaming juga butuh strateginya. Anda tidak bisa serta merta langsung melakukan live saja, karena ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan ketika berjualan menggunakan fitur live streaming.

  1. Mempersiapkan Peralatan dan Bahan Untuk Live Streaming

Di saat Anda melakukan live, Anda harus memperhatikan kualitas video. Karena hal ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Adapun peralatan yang harus dipersiapkan adalah:

  • Handphone dengan kualitas gambar yang baik.
  • Tripod
  • Mikrofon, untuk menghasilkan suara yang lebih jernih.
  • Internet, dengan kualitas internet di tempat Anda stabil, karena hal ini akan berpengaruh terhadap audiens Anda.
  • Bahan konten yang akan Anda bahas pada live tersebut, sehingga pembicaraan terarah. Tetapi, ada baiknya lakukan saja secara spontan dan natural.
  1. Mempromosikan Jadwal Live Streaming

Selanjutnya Anda bisa mempromosikan ke konsumen setelah brand Anda memiliki jadwal live streaming yang hendak dilakukan. Caranya bisa melalui story Instagram, feeds Instagram atau membagikannya ke media sosial lain agar semakin banyak audiens yang akan melihat live streaming Anda. Karena dengan semakin banyak audiens, maka akan semakin banyak pula orang yang mengenali produk Anda.

  1. Membagikan Informasi Yang Jelas & Lakukan Live Dengan Konsisten

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah membagikan informasi sejelas mungkin mengenai produk yang dijual atau produk terbaru yang baru rilis, seperti harganya, bagaimana cara order dan informasi lainnya. Sehingga hal ini bisa membuat konsumen merasa lebih puas atas informasinya dan tidak bertanya-tanya lagi. Anda sebaiknya lakukan live hanya sekali saja, namun dengan jadwal yang konsisten. Misalnya, Anda menjadwalkan live satu minggu sekali di hari rabu jam 10 pagi atau waktu lainnya. Pasalnya, dengan adanya jadwal seperti itu maka konsumen Anda pun akan kemungkinan besar akan menunggu–nunggu dan meluangkan waktunya untuk menonton.

  1. Pilihlah Platform Media Sosial Dan Marketplace Terpercaya Untuk Jualan Online

Anda bisa melakukan live streaming diberbagai platform marketplace online terpercaya. Selain itu, kini Anda juga bisa melakukan live streaming di platform terpercaya lain, seperti live streaming IDN APP yang diberi nama IDN Live. IDN APP merupakan salah satu platform terbaik, dan Anda bisa manfaatkan IDN Live baik untuk jualan atau keperluan lainnya. IDN Live menyuguhkan beragam konten menarik dengan beragam keunggulan dibandingkan platform live streaming lainnya.

Untuk bisa memanfaatkan fiturnya, Anda bisa download IDN App di Google Play Store atau Apple App Store. Setelah itu, Anda mendaftarkan akun di IDN APP, dan setelah masuk, Anda bisa menemukan fitur menu IDN Live di layar Home dan bisa langsung menikmati acara live streaming.